Mengenal Melanoma Maligna Lebih Dekat

Mengenal Melanoma
Sumber gambar : healthy.detik.com

Melanoma maligna adalah  jenis kanker kulit paling serius . Kondisi ini karena adanya gangguan sel yang memproduksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit atau melanosit . kondisi melanoma maligna dimulai dari tahi lalat menyebar ke sekitarnya dan kemudian semakin dalam ke kulit ke pembuluh darah dan kelenjar getah bening dan terakhir ke dalam hatu , paru paru dan tulang . Selain itu , melanoma malligna  juga bisa berkembang di area tersembunyi atau yang sama sekali yang tidak terpapar sinar matahari. area tubuh yang dimaksud seperti ruang diantara jari jari kaki dan telapak tangan , kulit kepala hingga alat kelamin.

Memang tidak mudah membedakan tahi lalat normal dan tahi lalat yang akan berkembang menjadi melanoma. cara yang bisa mengenali melanoma adalah mengetahui tahapan dan stadium melanoma maligna . stasium kanker kulit melanoma maligna terdiri dari empat tahap. dan biasanya tahapan nya akan dibagu lagi kedalam dua sampai tiga bagian , setiap tahapan stadium melanoma maligna biasanya akan berbeda dengan tahapan lainnya karena semakin besar angkanya maka penyebaran sel kanker jadi tambah ganas . lalu bagaimana dapat mengetahui melanoma maligna melalui tahapan stadium kanker kulit ? mengetahui stadium kanker kulit dapat membantu memutuskan pilihan pengobatan yang terbaik. tahapan perkembangan sel kanker juga dikenal dengan tahapan stadium TNM atau kepanjangan T dijelaskan ukuran tumor, N adalah penyebaran sel kanker pada kelenjar getah bening dan M adalah sel kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dilansir dari hellosehat, ada 4 tahap pada melanoma maligna contoh :

1. Stadium melanoma tahap 1

Pada tahap ini , melanoma hanya ada dikulit seperti tahi lalat dan tidak ada tanda tanda akan menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh lainnya . Pada tahap ini ada dua bagian lainnya lagi yaitu tahap 1A dan tahap 1B . Bagaimana cara membedakannya yaitu jika tahap 1A memiliki ciri ciri ketebalan melanoma kurang dari 1 milimeter (mm) , jika menggunakan stadium TNM maka T1A, NO ,M0 , tingkat mitosis atau artinya menggambarkan jumlah sel yang sedang dalam proses terbagi ke dalam sejumlah jaringan melanoma yang kurang dari 1mm dan lapisan kulit yang ditutupi tumor belum pecah serta tidak ada luka yang terbuka pada kulit. sedangkan Tahap 1B memiliki ciri ciri ketebalan melanoma kurang dari 1mm , tingkat mitosis minal 1 mm biasanya sudah berada pada angka antara 1 dan 2 mm tetapi belum mengalami luka atau pecah dan jika menggunakan stadium TNM maka T1b , N0,M0 dan T2a , N0 , M0 .

2. Stasium melanoma tahap 2

Tahap 2A
Ketebalan melanoma 1 sampai 2 mm dan sudah pecha sehingga menimbulkan luka , tingkat mitosis antara 2 sampai 4 mm namun belum smapai pecah atau luka dan juga menggunakan stadium TNM maka TT2b, N0,M0 dan T3a ,N0,M0

Tahap 2B
Ketebalan melanoma 2 sampai 4 mm dan sudah pecah sehingga menimbulkan luka , tingkat mitosis mencapai ketebalan dari 4 mm dan belum mnegalami ulserasi atau pecah dan jika menggunakan stadium TNM maka T3b , N0 , M0 da T4A , N0,M0.

3. Stadium melanoma tahap 3 

Pada tahap ini sel kanker telah menyebar ke kulit , pembuluh getah bening atau kelenjar getah bening yang dekat dengan melanoma serta tergantung dari sejumlah faktor termasuk proses ulserasi . ulserasu adalah ketika kulit menutupi melanoma yang pecah dan terbagi menjadi 3A , 3B dan 3C .

4. Stadium melanoma tahap 4 

Disini tahapan apaling tinggi dan sel kanker melanoma sudah menyebar ke bagian tubuh lain dan organ biasanya dijadikan penyebaran sel kanker melanoma adalah paru , hati , tulang , otak dan perut.

0 comments:

Post a Comment